kkl1

 

Mahasiswa Program Studi PAI Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Madrasah Aliyah AlQodiri pada tanggal 08 Januari 2018 pukul 08.00-14.00wib. Sebanyak 120 mahasiswa didampingi Koordinator Prodi dan 7 Dosen disambut dengan sangat baik oleh Kepala Madrasah, para Wakil Kepala Madrasah, dan para guru Madrasah Aliyah AlQodiri Jember.

 

Acara bertempat di Aula Madrasah Aliyah AlQodiri dan di mulai dengan pembacaan doa. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan. Kata sambutan disampaikan oleh Koordinator Prodi. serta Kepala Madrasah Aliyah AlQodiri, yaitu Gus H.Helmi EMHA, S.Pd.I. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian dan pertukaran cenderama mata.

 

Selanjutnya, kegiatan KKL mahasiswa dilaksanakan di Madrasah Aliyah AlQodiri Jember. Para mahasiswa yang telah terbagi-bagi atas tujuh kelompok pada setiap kelasnya, kemudian mulai melaksanakan tugas masing-masing. Kelompok satu menyasar wakasek kurikulum untuk menggali informasi terkait implementasi Kurikulum 2013 di MA AlQodiri dan perangkat pembelajaran yang dipersiapkan para guru. Kelompok dua mewawancarai para guru terkait pendekatan dan metode pembelajaran yang biasa dipakai di dalam kegiatan belajar mengajar. Kelompok tiga mewawancarai wakasek sarana prasarana (sarpras) terkait media pembelajaran dan sarpras yang digunakan oleh para guru dan siswa di MA AlQodiri. Kelompok lima kemudian mewawancarai pengelola perpustakaan untuk memotret buku teks yang dipakai siswa dan mengukur keterbacaannya dan kesesuaian dengan teori Greene and Pattie. Kelompok enam mewawancarai para guru Bahasa Indonesia terkait penggunaan penilaian autentik dalam perangkat pembelajarannya. Kelompok tujuh mewawancarai siswa dan pengelola perpustakaan terkait minat membaca siswa.

 

Madrasah Aliyah AlQodiri Jember ini telah menggunakan Kurikulum 2013. Siswa-siswi yang mengikuti pendidikan di madrasah tersebut selain menggunakan buku sebagai media pembelajaran, juga memperoleh wawasan pengetahuan dari media elektronik.
Kemudian Mahasiswa melanjudkan kegiatan KKL dan juga Mahasiswa Prodi PAI aktif di dalam sesi tanya jawab dengan para guru MA AlQodiri.

 

Tepat pada pukul 12.00wib acara istirahat untuk makan siang, seluruh mahasiswa peserta KKL dan para dosen di jamu oleh hidangan khas MA AlQodiri. Selanjudx para mahasiswa dan dosen serta seluruh keluarga besar MA AlQodiri melaksanan sholat dzuhur berjamaah.

 

Pengasuh Pondok Pesantren AlQodiri KH.Achmad Muzakki Syah juga sangat senang sekali atas kedatangan mahasiswa perserta KKL. Pada kesempatan ini para mahasiswa pun tidak menyianyikan waktu yang langka ini bisa bertemu langsung dengan pengasuh kesempatan ini di mamfaatkan untuk berdiskusi langsung dengan beliau seputar Dzikir Manaqib AlQodiri dan juga pesatnya perkembangan Pondok Pesantren AlQodiri.

 

Setelah para mahasiswa berdiskusi langsung dengan pengasuh, para peserta kembali lagi menuju MA AlQodiri yang tidak jauh dari kediaman pengasuh. Kemudian Mahasiswa melanjudkan kegiatan KKL. Pada pukul 14.00wib kegiatan Kuliah Kerja Lapangan mahasiswa Prodi PAI Universitas Hasyim Asy’ari harus berakhir. Rombongan kemudian kembali memasuki bus masing-masing yang telah menunggu di luar Madrasah. Koorprodi PAI dan para dosen kemudian berpamitan kepada pihak MA AlQodiri dan mengucapkan terima kasih karena telah disambut dan diterima dengan sangat baik.
(Ahmad Taufik Hidayatulloh, S.Pd.I)